PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MATA PELAJARAN IPA

  • Nisrina Kamila PGSD UNESA
  • Julianto Julianto

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu video interaktif terhadap peningkatan aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN Bringin Nonggal 1 Torjun sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi aktivitas siswa dan guru, serta tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa ranah kognitif. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada masa pra siklus nilai rata-rata sebesar 44 dengan persentase ketuntasan belajar kelas sebesar 36%, pada siklus I nilai rata-rata menjadi 76,82 dengan persentase ketuntasan belajar kelas sebesar 64% skor aktivitas belajar siswa sebesar 62% dan skor aktivitas guru sebesar 70%, pada siklus II nilai rata-rata mencapai 85,90 dengan persentase ketuntasan belajar kelas sebesar 82% skor aktivitas belajar siswa sebesar 95% dan skor aktivitas guru sebesar 96%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu media video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa dan guru.

Kata kunci : IPA, model kooperatif make a match, hasil belajar.

Published
2022-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 709