Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Karina Cindy Yaniar Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Keterampilan menulis termasuk aspek keterampilan berbahasa yang masih belum dikuasai siswa, khususnya keterampilan menulis narasi. Siswa membutuhkan media yang bisa menunjang kemampuannya pada keterampilan menulis narasi. Lift The Flap Book merupakan inovasi media yang mampu mendukung siswa mengatasi kesulitan dalam menulis narasi. Penelitian ini bertujuan menguraikan prosedur pengembangan serta menguji kevalidan dan kepraktisan Lift The Flap Book. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian pengembangan danĀ  menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil kevalidan materi dalam Lift The Flap Book sebesar 80, kevalidan media Lift The Flap Book sebesar 80, kepraktisan Lift The Flap Book menurut angket respon siswa sebesar 96,4, dan kepraktisan Lift The Flap Book menurut angket respon guru sebesar 96,7. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Lift The Flap Book valid dan sangat praktis digunakan untuk keterampilan menulis narasi di kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: Lift The Flap Book, pengembangan, keterampilan menulis narasi

Published
2022-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 240