PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE - E.P.D.C.R ((EXPLORING, PLANNING, DOING, COMMUNCATING , REFLECTING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATERI PECAHAN

  • Mas' ula Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tingkat keberhasilan pelaksanaan suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perbedaan kemampuan siswa, pembelajaran yang monoton, dan terfokus pada buku. Sebagaimana diketahui siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar siswa dibutuhkan cara atau model pembelajaran yang menyesuaikan dengan perbedaan kemampuan siswa. ada beberapa model yang bisa diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya model learning Cycle. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat model learning cycle- E.P.D.C.R (Exploring, Planning, Doing, Communcating , Reflecting) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi bentuk-bentuk pecahan yang praktis, valid, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang memuat empat tahapan, diantaranya ialah: tahap pendefinisian (define),tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini terbatas hanya pada sampai tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Bahan Ajar, dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 28 siswa kelas IV SDN Bohar. Data dianalisis secara kolaborasi antara kualitatif dan kuantitatif dengan data yang diperoleh sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid (4,18), kevalidan Bahan Ajar berkategori valid (4,133) sedangkan LKPD berkategori valid (4,3) dari skor maksimum 5 masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis dengan presentase 92,85 % menyatakan siswa berminat terhadap pembelajaran menggunakan model learning cycle – E.P.D.C.R. Aktivitas siswa memeuhi kriteria efektif 90,48%, keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif 81,25 % serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan memenuhi batas ketuntasan 75%.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, learning cycle- E.P.D.C.R, pecahan, Hasil Belajar

Published
2022-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 166