PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR PPKn BERBASIS GOOGLE FORM KELAS IV SDN KOMPLEK KENJERAN II

  • Lovely Galih Pertiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa perubahan yang luar biasa. Perubahan terjadi dalam berbagai hal. Untuk menyiasati pelaksanaan pembelajaran di era pademi saat ini, maka pemerintah mengambil kebijakan dengan tetap melaksanakan pembelajaran tetapi tidak secara langsung (tatap muka). Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan model dalam jaringan (DARING).  Berdasarkan data hasil evaluasi PPKn siswa yang memperoleh hasil rata–rata hanya 57,9. Hal tersebut dilihat dari siswa yang tuntas belajar hanya 11 dari 21 siswa. Jika dipersentase hanya mencapai 52,4% dari tingkat ketuntasan, sementara yang diharapkan 85%. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan, tingkat kelayakan, dan respon guru terhadap instrument penilaian hasil belajar ppkn berbasis google form pada materi Pancasila siswa kelas IV sekolah dasar. Peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan untuk megumpulkan data penelitian menggunakan wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil sebesar 87,5% dan pada siklus II memperoleh 93,8%. Sedangkan pada aktivitas siswa di siklus I hasil yang diperoleh sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 95%. Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 52,4% dan persentase pada siklus II sebesar 85,7%. Dari hasil perolehan persentase pembelajaran PPKn secara DARING melalui aplikasi Google Form dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Konplek Kenjeran II/506 Surabaya dapat meningkat.

Kata Kunci :     PPKn, DARING, Google Form, Hasil Belajar Siswa

Published
2022-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 2237