Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Pembelajaran Menulis Narasi Di Kelas V Sekolah Dasar

  • FEIBY ASHANTI FIRDAUSI NUZULA Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Abstrak

Bahasa berperan penting sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan dalam pemenuhan segala hajat hidup manusia. Bahasa juga menjadi sarana bagi manusia untuk mengekspresikan diri, isi hati, perasaan, dan pikiran. Untuk itu, bahasa perlu dipelajari dan dilatihkan agar dapat dikuasai dengan baik oleh setiap individu. Tidak terkecuali siswa sekolah dasar. Berbagai pengetahuan dan keterampilan berbahasa dipelajari dan dilatihkan. Di antaranya keterampilan menulis narasi, yaitu menulis sebuah cerita berdasarkan urutan waktu. Jenis tulisan narasi ini lebih mudah dilakukan karena bersumber dari pengalaman pribadi atau imajinasi. Namun, jika hanya diajarkan sebagai sebuah teori dan tanpa praktik dengan bimbingan yang intensif, hambatan tetap akan ditemui siswa. Berbagai cara dapat dilakukan guru secara kreatif. Salah satunya dengan melakukan pengembangan media gambar berseri untuk membantu siswa dalam menulis narasi. Melalui penelitian ini, dideskripsikan proses pengembangan dan validitas media gambar berseri untuk pembelajaran menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan validasi. Pengembangan media dilakukan dengan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Selanjutnya, dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian, yaitu skor 82,5% untuk materi dan skor 78,6% untuk media yang dikembangkan yang menunjukkan bahwa keduanya memenuhi kriteria layak digunakan dalam pembelajaran menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: pengembangan, gambar berseri, keterampilan menulis, menulis narasi.

Abstract

Language plays an important role as a means of communication both spoken and written in the fulfillment of all human needs. Language is also a means for humans to express themselves, their hearts, feelings, and thoughts. For this reason, language needs to be learned and trained so that it can be mastered well by each individual. Elementary school students are no exception. Various knowledge and language skills are learned and practiced. Among them are narrative writing skills, namely writing a story based on time sequence. This type of narrative writing is easier to do because it comes from personal experience or imagination. However, if it is only taught as a theory and without practice with intensive guidance, students will still encounter obstacles. There are various ways that teachers can do creatively. One of them is by developing serial picture media to assist students in writing narratives. Through this research, the process of developing and validating serial picture media for learning to write narratives is described in the fifth grade of elementary school. Data collection techniques were carried out by observation and validation. Media development is carried out using the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) procedure. Furthermore, validation is carried out by material experts and media experts. The results of the study, namely a score of 82.5% for the material and a score of 78.6% for the developed media, which shows that both of them meet the criteria for use in teaching narrative writing in class V Elementary School.

Keywords: development, serial picture media, writing skills, narrative writing.

Published
2022-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 338
PDF Downloads: 758