Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan STEAM Pada Pembelajaran IPA Materi Komponen Listrik Dan Fungsinya Dalam Rangkaian Listrik Sederhana Kelas 6 Sekolah Dasar

  • Yulia Maulida Mubarokah Universitas Negeri Surabaya
  • julianto julianto

Abstract

Kondisi di tengah wabah covid-19 membuat dunia pendidikan menjadi tantangan yang sangat tinggi. Pandemi yang menyebar semakin luas menjadi penyebab diperpanjangnya pembelajaran siswa secara jarak jauh. Adanya kebijakan pemerintah untuk memperpanjang pembelajaran daring ini mengharuskan kegiatan belajar yang memanfaatkan gawai seperti smartphone dan laptop. Kebijakan ini akan terasa sulit apabila dilakukan di daerah yang terhambat sinyal. Bukan hanya itu, guru juga dituntut untuk membentuk skema pembelajaran yang lebih memotivasi, menarik, bermakna, dan dapat membangkitkan semangat belajar siswa agar tidak mudah jenuh selama pembelajaran daring. E-modul adalah modul elektronik dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone android. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan media e-modul berbasis pendekatan STEAM pada materi tentang komponen listrik dan fungsinya dengan berdasarkan  kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang diperoleh selama penelitkian dilakukan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ini memiliki 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitkian ini dilakukan di SDN Sumberejo 02 kecamatan Rengel kabupaten Tuban dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 6 yang berjumlah 10 anak. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian ahli media, ahli materi, hasil angket respon guru, hasil angket respon siswa, dan nilai pre-posttest siswa yang dihitung dengan analisis n-gain. Media e-modul dikategorikan layak untuk digunakan karena mendapat nilai kevalidan oleh ahli media sebesar 83% dan oleh ahli materi sebesar 88,75%. Pada penilaian kepraktisan, e-modul mendapat nilai hasil angket respon guru sebanyak 82% dan hasil angket respon siswa sebanyak 89,5% dengan kategori praktis untuk digunakan. Dan pada tingkat keefektifan media memperoleh hasil rata-rata n-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi sehingga efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: media pembelajaran, e-modul, pendekatan STEAM

Published
2022-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 482
PDF Downloads: 349