PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DALAM KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI TERHADAP SISWA KELAS IV SD NEGERI JOMBATAN 3 JOMBANG

  • Marsha Amalia Rozika Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write dalam keterampilan menulis deskripsi terhadap siswa kelas IV SDN Jombatan 3 Jombang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan sampel dua kelas, yakni kelas kontrol diterapkan pada kelas IVA dan kelas eksperimen diterapkan pada kelas IVB. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent t test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai thitung sebesar 4,264 dan nilai ttabel sebesar 2,000, (4,264 > 2,000) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil keterampilan menulis deskripsi siswa antara model think talk write dengan metode ceramah. Dalam hal ini, thitung berada di penerimaan Ha dan penolakan Ho. Pada kelas eksperimen, rata- rata nilai pretest sebesar 61,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 71,72. Pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model think talk write berpengaruh dalam keterampilan menulis deskripsi terhadap siswa kelas IV SDN Jombatan 3 Jombang.

Kata Kunci: Pengaruh, model Think Talk Write, keterampilan menulis deskripsi.

Published
2022-02-02
Section
Articles
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 175