PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS II SAAT PEMBELAJARAN DARING

  • Khofifah Khofifah Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Latar belakang pengembangan ini adalah media pembelajaran flashcard yang tidak dapat digunakan saat pembelajaran daring. Pengembangan ini dirancang untuk menghasilkan media flashcard interaktif berbasis android yang layak digunakan, serta memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris pada siswa kelas II materi food and drink pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki 5 langkah penelitian (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Uji coba produk dilakukan dengan 21 peserta didik kelas II SDN Tanah Kali Kedinding II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan tingkat kevalidan didapat melalui validasi materi dengan persentase sebesar 86,7 % dan validasi media sebesar 84 %. Tingkat kepraktisan media dapat diperoleh melalui hasil angket respon siswa sebesar 100%. Kemudian tingkat keefektifan media didapat persentase ketuntasan belajar sebesar 90% dan rata-rata N-Gain 0,62. Sehingga media flashcard interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris kelas II saat pembelajaran daring sangat layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Flashcard Interaktif, pembelajaran daring, kosa kata

Published
2022-02-02
Section
Articles
Abstract Views: 249
PDF Downloads: 196