artikel agung dwi prasetya1

  • Agung Dwi Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dalam matematika sangat diperlukan untuk mengajak peserta didik mempelajari matematika secara menyenangkan dan berkesan. Pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan berkesan melalui penggunaan media pembelajaran yang mengajak peserta didik belajar sambil bermain dan berinteraksi dengan peserta didik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui kelayakan media permainan kartu Yu-gi-oh!. Proses pengembangan media ini berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi disetiap akhir tahapannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media valid dan layak untuk digunakan dilihat dari hasil validasi media dengan skor 83,3% dan validasi materi dengan skor 91,6% keduanya kategori valid dan dapat digunakan. Sedangkan dari hasil uji coba media permainan kartu Yu-gi-oh! diperoleh hasil angket peserta didik dengan skor 88,29% dengan kategori sangat baik/praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian ini disimpulkan dapat menghasilkan media yang layak dipakai dalam pembelajaran dan tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran lainnya.

Kata Kunci: Pengembangan, Kartu, Operasi hitung campuran

Published
2022-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 391