Pengembangan Media Komik Pengamalan Pancasila “KOMPAS” Untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Bakhrul Ilmy Nugraha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan dapat mempengaruhi maju tidaknya suatu bangsa. Pendidikan yang baik pada suatu negara dapat mencetak anak bangsa yang berkualitas. Dalam pendidikan formal di sekolah pasti melibatkan adanya timbal balik antara guru dan peserta didik. Ketiks mengajar guru memiliki metode tersendiri saat menyampaikan materi kepada peseta didiknya. Pada beberapa sekolah ada guru yang menyampaikan materi dengan cara berceramah. Jika terlalu sering menggunakan metode ceramah maka peserta didik bisa saja merasa bosan. Maka dari itu peneliti membuat suatu penelitian pengembangan berupa media komik berjudul KOMPAS (Komik Pengamalan Pancasila) untuk memberi suasana baru dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN Sidorejo pada mata pelajaran PKn di kelas rendah. Tujuan dari peneitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas media KOMPAS pada materi pengamalan sila pancasila (2) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media KOMPAS yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk sebuah media pembelajaran komik. Metode dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE karena model pengembangan ADDIE cukup efektif untuk mengatasi masalah yang ada pada saat kegiatan pembelajaran. tahapan yang digunakan pada pengembangan ADDIE sangat sederhana dibanding dengan model lain. Adapun sifatnya yang simpel dan tersrtuktur maka model ini mudah di aplikasikan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus yang kemudian hasil presentase yang diperoleh akan di sesuaikan dengan tabel skala likert dan akan diketahui tingkat kelayakan dari materi sebagai isi dari komik dan kelayakan media komik itu sendiri. Kemudian peneliti juga membagikan angket pada peserta didik dengan tujuan mengetahui respon dalam penggunaan media KOMPAS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kualitas media KOMPAS pada materi pengamalan sila pancasila dinyatakan valid atau layak sebagaimana hasil dari perhitungan ahli pembelajaran mendapat presentase 85,8%, ahli materi yang mendapat presentase sebesar 86,1% dan hasil presentase ahli media mendapat nilai 82,2%. (2) respon peserta didik terhadap media KOMPAS pada materi pengamalan sila pancasila mendapatkan nilai presentase sebesar 95% yang artinya semua aspek yang terdapat pada hasil uji lapangan, media KOMPAS mendapatkan nilai dengan presentase yang baik.

Kata kunci : Pendidikan, Pembelajaran, Pancasila, KOMPAS

Published
2022-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 332
PDF Downloads: 1709