ANALISIS PROGRAM BUSINESS DAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI SDIT NURUL ILMI
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat analisis Program Business Day dalam meningkatkan kemampuan numerasi Peserta Didik materi Operasi Hitung Bilangan Bulat mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods) yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas V, serta wali murid kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, dokumentasi, observasi, serta pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Nurul Ilmi. Strategi dalam penelitian ini yaitu strategi eksploratoris sekuensial, yaitu peneliti mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif lalu mengumpulkan data kuantitatif dan menganalisisnya. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Pengimplementasian materi Operasi Hitung Bilangan Bulat kedalam Program Business Day dilaksanakan sebelum dan saat dilaksanakannya program, dimana sebelumnya sudah disampaikan materi pada saat pembelajaran lalu diimplementasikan saat pelaksanaan Program Business Day, dimana Peserta Didik diminta untuk mencatat modal awal, penghasilan, dan laba yang diperoleh selama proses pelaksanaan Business Day (2) Analisis Program Business Day yaitu Peserta Didik mampu meningkatkan kemampuan numerasinya, hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest, dimana nilai rata-rata pretest sebelum diselenggarakan Business Day berbasis numerasi adalah 58,00, dan nilai posttest setelah diselenggarakan Program Business Day berbasis numerasi adalah 89,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengimplementasian Program Business Day berbasis numerasi pada materi operasi hitung bilangan bulat efektif untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik.
Kata Kunci: business day, numerasi, peserta didik, matematika.