ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID 19

  • Citra Kusvianawati Syari'at Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesulitan membaca permulaan dan faktor - faktor yang menyebabkan kesulitan membaca permulaan di kelas rendah sekolah dasar pada masa pandemi Covid 19. Pelaksanaan penelitian di SDS Al Muawanah Sampang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,wawancara,  dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesulitan membaca pada kelas rendah yakni  terbalik dalam mengenal huruf,  belum bisa mengeja suku kata, belum cakap dalam membaca huruf konsonan, belum cakap membaca huruf diftong dan digraf, dan membaca kata demi kata. Faktor - faktor penyebab kesulitan permulaan pada masa pandemi Covid 19 sebagai berikut. Pertama faktor internal seperti faktor jasmani,faktor intelektual, dan faktor psikologi.  Kedua, faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Ketiga, faktor kombinasi yakni disebabkan oleh gabungan dari faktor internal dan eksternal.

 Kata Kunci: kesulitan membaca permulaan, pandemi Covid 19, kelas rendah, sekolah dasar.

Published
2022-03-21
Section
Articles
Abstract Views: 633
PDF Downloads: 1360