PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH BERBANTUAN SPIN PIZZA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKAR PANGKAT TIGA
Abstract
Penelitian eksperimen model pembelajaran Make-A-Match berbantuan Spin Pizza ini mampu membantu guru guna memberi pemahaman materi akar pangkat tiga kepada siswa serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Eksperimen ini diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi akar pangkat tiga menggunakan model pembelajaran Make-A-Match dengan alat bantu Spin Pizza. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen berbentuk quasi experimental dan desain penelitian nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make-A-Match berbantuan Spin Pizza terhadap hasil belajar siswa pada materi akar pangkat tiga. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat tingkat motivasi belajar siswa pada materi akar pangkat tiga menggunakan model pembelajaran Make-A-Match berbantuan Spin Pizza. Penelitian ini mempunyai 3 tahap, antara lain tahap persiapan, pelaksanaan penelitian, serta pengolahan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Make-A-Match berbantuan Spin Pizza terhadap hasil belajar siswa pada materi akar pangkat tiga yang diperoleh melalui hasil T-Test Paired sejumlah 0,011. Tingkat Motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen yang telah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Make-A-Match berbantuan Spin Pizza dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan adalah sama, dengan melihat hasil perhitungan uji independent t-test sejumlah 0,854. Maka, model pembelajaran Make-A-Match berbantuan Spin Pizza mempunyai pengaruh yang signifikan dan sesuai dipakai untuk alternatif model dan media pembelajaran pada siswa sekolah dasar terutama materi akar pangkat tiga.
Kata Kunci: Eksperimen, Make-A-Match, Spin Pizza, Akar Pangkat Tiga.