PENGEMBANGAN MEDIA BIGBOOK DALAM PEMBELAJARAN PPKN MATERI SILA – SILA PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

  • Akbar Rizkyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Pengembangan media ini dibuat untuk menghasilkan produk kemandirian berupa media Big book yang terdapat pada pembelajaran offline. Berdasarkan aspek kevalidan, kemenarikan, dan interaktif sebagai media pemebelajaran, Big book sangat disarankan bagi siswa kelas IV SD untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki 5 langkah penelitian. Uji validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan satu ahli media berikut hasil dari ahli materi untuk uji kevalidan yang mendapatkan 93% dan ahli media untuk uji kevalidan mendapat 95%. Berdasarkan hasil uji kevalidan yang didapat masuk kedalam kriteria “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Big book materi pancasila untuk kelas IV SDN Tembok Dukuh II Surabaya telah valid dan dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran dikelas. Pada tahap implementasi Big book terhadap siswa kelas IV memperoleh angket rata – rata 95% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media Big Book layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Big Book, Pancasila

Published
2022-03-21
Section
Articles
Abstract Views: 354
PDF Downloads: 339