Pengembangan Media Flashcard Berbarcode Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Aristiya Nuraini Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SDN Sumberteguh. Permasalahan tersebut berupa rendahnya kemampuan literasi sains dan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal. Penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran yang bernama flashcard berbarcode. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektivitas media flashcard berbarcode untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model adaptasi dari Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari  7 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar validasi untuk mengukur validitas materi, media, dan perangkat pembelajaran. Lembar angket untuk mengukur kepraktisan media. Pretest-posttest untuk mengukur efektivitas media. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Sampel penelitian ini merupakan 38 siswa kelas V SDN Sumberteguh dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard berbarcode sangat valid digunakan dengan persentese 86% validasi materi, 92% validasi media dan 86% validasi perangkat pembelajaran. Nilai kepraktisan media flashcard berbarcode masuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 95% dari angket siswa dan 100% dari angket guru. Perhitungan nilai N-Gain menunjukkan skor 0,75, skor tersebut masuk dalam kriteria tinggi dalam peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest. Dalam perhitungan uji t yang dilakukan, nilai thitung sebesar 18,88 dan ttabel sebesar 2,02 yang artinya thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata nilai pretest dan posttest. Kesimpulan penelitian ini adalah media flashcard berbarcode materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran, flashcard berbarcode, literasi sains

 

Abstract

 This development research was conducted based on problems found at SDN Sumberteguh. These problems are in the form of low scientific literacy skills and the use of learning media that have not been maximized. This research will develop a learning media called barcode flashcards. The purpose of this study was to determine the validity, practicality and effectiveness of barcoded flashcard media to improve students' scientific literacy. This type of research is research and development with an adaptation model from Borg and Gall. This research consists of 7 steps, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing and product revision. In collecting data, researchers used research instruments consisting of validation sheets to measure the validity of materials, media, and learning tools. Questionnaire sheet to measure the practicality of the media. Pretest-posttest to measure the effectiveness of the media. The data analysis technique was carried out by descriptive percentage. The sample for this study was 38 students of class V SDN Sumberteguh with a one-group pretest-posttest design. The results showed that the flashcard media with barcodes was very valid with a percentage of 86% material validation, 92% media validation and 86% learning device validation. The practicality value of barcoded flashcard media is in the very practical category with a percentage of 95% from student questionnaires and 100% from teacher questionnaires. The calculation of the N-Gain value shows a score of 0.75. The score is included in the high criteria in increasing the average pretest and posttest scores. In the calculation of the t-test, the tcount is 18.88 and ttable is 2.02, which means tcount > ttable, so there is a significant difference between the average pretest and posttest scores. The conclusion of this study is that flashcard media with barcodes on the effect of heat on changes in temperature and object shape is appropriate to be used to improve science literacy for fifth grade elementary school students.

Keywords:  learning media, flashcards, barcodes, scientific literacy

Published
2022-03-25
Section
Articles
Abstract Views: 519
PDF Downloads: 480