PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SAAT KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GRABAGAN TULANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

  • reina puspa kencana Universitas Negeri Surabaya
  • putri rachmadyanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru terkait perencanaan pembelajaran  yang mampu menumbuhkan karakter tanggung jawab, (2) untuk mengetahui peran guru saat kegiatan pembelajaran, (3) untuk mengetahui hambatan dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab. Informan dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Grabagan Tulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter tanggung jawab termuat dalam RPP yang dibuat oleh guru dengan menyelipkan nilai tanggung jawab di setiap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup (2) pelaksanaan untuk menumbuhkan tanggung jawab dilakukan guru melalui pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam ilmu pelajaran yang dapat diambil pesan moral oleh siswa untuk diteladani selain itu melalui pembiasaan sikap baik oleh guru agar dicontoh siswa diantaranya sebagai pendidik yaitu membiasakan siswa berdoa, mengingatkan agar tepat mengumpulkan tugas dan taat tata tertib disamping memberikan sanksi, sebagai motivator yaitu memberikan ice braeaking dan reward untuk meningkatkan semangat belajar, sebagai fasilitator yaitu menjadi pembimbing dalam diskusi kelompok, sebagai elevator yaitu memberikan pr agar tetap belajar (3) faktor yang menjadi penghambat dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab siswa kelas IV adalah: kurangnya dukungan keluarga, lemahnya motivasi diri, dan kurangnya fasilitas

Kata Kunci: Guru, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Tanggung Jawab.

Published
2022-04-04
Section
Articles
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 211