PENGEMBANGAN MEDIA V-MAU BERBASIS RME DALAM KONSEP PERKALIAN SEBAGAI PENJUMLAHAN BERULANG

  • Shalsa Misherina Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki konsep atau materi yang saling berkaitan satu sama lain, sehingga pemahaman terhadap konsep dasar sangat penting. Pengembangan media pembelajaran diperlukan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media “V-MAU” berbasis RME dalam konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di SD, dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan media “V-MAU” berbasis RME dalam konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di SD. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ialah model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran V-MAU dengan isi materi menggunakan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan teori gunung es atau iceberg yang memiliki empat tingkatan aktivitas, yaitu situasional, referensial (model of), general (model for), dan formal. Kemudian, uji coba media yang telah dilakukan kepada siswa menunjukkan bahwa media “V-MAU” berbasis RME sangat valid dengan nilai 95% dari validator ahli media dan 90% dari validator ahli materi, dan sangat layak dengan nilai 95,8% dari pengisian lembar angket respon pengguna oleh siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media “V-MAU” berbasis RME sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di kelas III SD.

Kata kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, “V-MAU” Berbasis RME, Perkalian.

Published
2022-04-18
Section
Articles
Abstract Views: 403
PDF Downloads: 414