STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI MABUNG 2 BARON NGANJUK

  • Windah Pangastutik Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Abstrak

Belajar di rumah memungkinkan untuk fokus mengembangkan kecakapan hidup, termasuk yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Pembelajaran SD juga menggunakan pendidikan online atau jarak jauh melalui bimbingan orang tua. Menurut Isman, pembelajaran online adalah pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Siswa dapat berinteraksi dengan guru melalui berbagai aplikasi seperti ruang kelas, konferensi video, telepon dan obrolan langsung, zoom, grup WhatsApp, dan banyak lagi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Peneliti mempelajari keadaan objek alami, menjadikannya alat utama. Metode pengumpulan datanya adalah triangulasi (kombinasi), analisis datanya bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan pentingnya kepribadian mahasiswa yang profesional. Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring yaitu guru belum bisa mengawasi siswa secara menyeluruh, selain itu komunikasi kurang berjalan lancar dikarenakan pembelajaran hanya melalui daring, kedisiplinan juga kurang bisa diterapkan karena siswa belajar hanya di rumah saja. Strategi yang dilakukan untuk pembentukan karakter disiplin pada pembalajaran daring ini yaitu selalu dilakukan monitoring kegiatan siswa melalui wa grup wali murid dan juga wa grup kelas selama proses pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran seperti memberi motivasi, video materi, dan mengingatkan tugas. Solusi yang paling utama dalam pembentukan karakter adalah peran guru sebagai orangtua kedua disekolahan memiliki tanggung jawab membentuk dan mengembangkan karakter pada siswa, terutama karakter disiplin karena untuk mengembangkan potensi siswa, itu adanya dukungan dari orangtua di rumah sebab anak banyak menghabiskan waktu di rumah dibanding di sekolah, maka dari itu keluarga sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa.

Kata Kunci: strategi, karakter disiplin, pembelajaran daring

 

Published
2022-04-18
Section
Articles
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 604