ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 2 DI SD ISLAM TERPADU DAARUL MUTTAQIEN SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan pembatasan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui video conference seperti zoom meeting dan google meet. Belajar di rumah serta mengurangi aktivitas lain di luar rumah dapat meningkatkan kebosanan pada diri siswa. Sekolah dasar memerlukan guru yang berkompeten dalam meningkatkan peranan dan kompetensinya, salah satunya yaitu dalam keterampilan variasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik, respon siswa, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, analisis data, serta uji keabsahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi, pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, secara keseluruhan guru telah menguasai keterampilan mengadakan variasi dengan baik. Skor tertinggi diperoleh kelas 2D sebesar 83% dengan kategori sangat baik, kedua kelas 2C sebesar 80% dengan kategori sangat baik, ketiga kelas 2A sebesar 78% dengan kategori sangat baik, serta skor terendah diperoleh kelas 2B sebesar 65% dengan kategori baik. Keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran berpengaruh terhadap respon siswa yang menunjukkan siswa aktif, memperhatikan penjelasan guru, konsentrasi, antusias, dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran tematik di kelas.
Kata Kunci : Variasi Pembelajaran, Guru, Keterampilan, Tematik.