PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SUSTAINABILITY PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Isu global yang terus terjadi membutuhkan pemecahan segera. Hal ini mengindikasikan pentingnya pembelajaran berbasis Sustainability untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan demi mengatasi isu global tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, kevalidan dan kepraktisan, serta efektivitas LKPD berbasis Sustainability terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian berjenis R&D ini menerapkan model 4D, namun dibatasi sampai tahap uji coba terhadap 14 siswa kelas VI SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Instrumen yang digunakan ialah lembar validasi ahli, lembar kuesioner siswa, serta lembar pretest dan posttest yang dianalisis melalui uji kelayakan bahan ajar, uji t, dan uji n-gain. Pengembangan ini menghasilkan LKPD berbasis Sustainability dalam pembelajaran IPS yang terbukti valid dan praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Efektivitas LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis juga tergolong cukup efektif dengan skor 0,5 berkategori sedang. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa terlihat setelah menggunakan LKPD sekaligus tumbuhnya kesadaran terhadap lingkungan berdasarkan persepsi siswa saat uji coba.
Kata Kunci: LKPD, Sustainability, keterampilan berpikir kritis.
PDF Downloads: 255