Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Geluran 3 Taman Sidoarjo
Abstract
Literasi budaya merupakan kemampuan untuk memahami berbagai budaya yang ada di Indonesia sebagai identitas bangsa. Sumber bacaan yang mengandung nilai budaya diharapkan mampu menumbuhkan karakter peserta didik. Pembelajaran daring yang dikarenakan dampak dari pandemi covid19 menyebabkan kegiatan literasi pada sekolah dasar yang diteliti tidak berjalan maksimal. Untuk itu peneliti ingin mengembangkan LKPD berbasis literasi budaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan literasi budaya pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode RnD. Sedangkan model penelitian yang digunakan merupakan evolusi dari metode RnD, yang dimana peneliti tidak melakukan tahap produksi massal tetapi hanya tahap modifikasi produk. Lokasi penelitian di SDN Geluran 3 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi, pretest, posttest, serta angket respon peserta didik dan guru. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah (1) LKPD berbasis literasi budaya dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase validasi materi sebesar 85% dan persentase validasi media sebesar 95% (2) LKPD berbasis literasi budaya dinyatakan praktis dengan perolehan persentase respon guru sebesar 85% dan persentase respon siswa sebesar 94,2%. (3) LKPD berbasis literasi budaya dinyatakan efektif dengan perolehan peningkatan sebesar 27,53. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis literasi budaya layak digunakan.
Kata Kunci: LKPD, literasi budaya, sekolah dasar