PENGEMBANGAN GAMEFICATION BERTINGKAT "GEFICTING” BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI PROKLAMASI UNTUK SISWA KELAS VI SD

  • Feby Mellan Dinia Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Penelitian pengembangan gamefication bertingkat “Geficting.berbasis android merupakan penelitian yang berdasarkan survey di lapangan dimasa pandemi siswa melaksanakan pembelajaran daring dan siswa diwajibkan dapat melaksanakan pembelajaran melalui gadget yang mempunyai dampak positif maupun negatif bagi siswa dan tidak dipungkiri bahwa siswa akan mempergunakan gadget diluar tugas sekolah contohnya bermain game yang tidak ada manfaatnya. Karena itu dengan adanya pengembangan gamefication bertingkat “Geficting berbasis android, gamefication merupakan penggunaan cara kerja, cara berfikir dan mekanisme game kedalam konteks pembelajaran. Bukan game yang hanya untuk hiburan semata, melainkan ada 4 karakter dalam gamefication meliputi reward pemenang, adanya penilaian, adanya tantangan setiap level, adanya peringkat seningga membuat pemain terus penasaran untuk melanjutkan ke level berikutnya. Penelitian yang menggunakan jenis Reseach and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan proses pengembangan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Hasil dalam penelitian kelayakan produk uji validasi materi 72,7%, uji validasi media 87,5%. Hasil kefektifan dari nilai rata-rata pretest 78 dan postest 89. Hasil kepraktisan dari angket respon siswa setelah penggunaan produk 92,5%. Hasil  gamefication bertingkat “Geficting” berpengaruh untuk media dalam proses pembelajaran materi proklamasi

Kata Kunci : Pengembangan,  Gamefication, Geficting, Proklamasi.

Published
2022-04-18
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 93