PENGARUH EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Experiential Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Banjarsari I tema panas dan perpindahannya. Jenis penelitian ini Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan 3 treatment yaitu : treatment I, treatment II dan treatment III. Data penelitian dianalisis secara kuantitaif menggunakan IBM SPSS Statistics 20 dengan 1) Uji Linearitas 2) Uji Regresi Sederhana 3) Uji Paired Sample Ttest 4) Uji N-Gain. Melalui uji linearitas diketahui terdapat pengaruh Experiential Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hasil uji regresi sederhana menyatakan bahwa pengaruh kedua variabel sebesar 29,6% (Treatment II) dan 62,5% (Treatment III). Untuk mengetahui pengaruh setiap variabel, maka dilakukan uji Paired Sample Ttest. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan, dapat dilakukan Uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Experiential Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Banjarsari I tema panas dan perpindahannya. Jadi, model Experiential Learning dapat menjadi alternatif guru dalam memilih model pembelajaran.
Kata Kunci : pengaruh, model Experiential Learning, motivasi belajar, hasil belajar, IPA