Array
Abstract
Latar belakang penelitian ini dari pembelajaran ragam teks Bahasa Indonesia yang hanya menggunakan media buku pelajaran dan video, siswa merasa kesulitan dalam materi struktur teks yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media, mengukur validitas, kepraktisan, efektivitas media dengan memberikan Jurus Jitu berbasis Peardeck dan Wordwall kelas V MI Islamiyah Ngoro. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D mempunyai empat tahapan yaitu define, design, development, disseminate (pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran). Validasi media oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media sebesar 83,47% dan dikategorikan valid, untuk hasil validasi materi sebesar 81,11% dan dikategorikan valid. Hasil kepraktisan dari respon guru dan respon siswa sebagai pengguna. Hasil respon guru sebesar 100% dan dikategorikan sangat praktis dan respon siswa sebesar 95,76% yang dikategorikan sangat praktis, berdasarkan nilai pretest dan posttest menggunakan analisis N-Gain sebesar 0,56 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa media interaktif Juji Teks telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai pembelajaran struktur teks kelas V MI Islaminyah Ngoro.
Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, struktur teks, juji teks.