Pengembangan Media Pazzel Berbasis Discovery Learning Tentang Luas Permukaan Bangun Ruang di Sekolah Dasar

  • Khusnul Sinta Rohhani Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto

Abstract

Geometri menawarkan cara dalam menginterpretasi dan menjelaskan lingkungan siswa serta dapat menjadi wadah bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk itu proses pembelajaran geometri harus memadai agar dapat mencapai tujuan tersebut. Namun nyatanya tidak sedikit proses pembelajaran geometri hanya berupa penyampaian rumus dan cara menggunakanya saja. Proses pembelajaran serupa juga dialami di SDN Jagir 2 pada materi luas permukaan bangun ruang sehingga diperlukan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami konsep luas permukaan bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pazzel berbasis discovery learning tentang luas bangun ruang, (2) Mengetahui kelayakan media pazzel berbasis discovery learning tentang luas bangun ruang di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi; Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN JAGIR 2. Data dikumpulkan dengan observasi serta pengisian kuisioner. Data kelayakan media dianalisis dengan acuan konvensi dari ahli media dan ahli materi. Hasil peneitian ini adalah sebagai berikut: 1) komponen media pazzel berbasis discovery  learning terdiri dari kemasan, empat rangka bangun ruang (kubus, balok, prisma dan limas), pazzel dan buku panduan. 2) kelayakan media pazzel berbasis discovery learning Nampak berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi yang mendapatkan rerata skor 3,85 yang artinya sangat valid dan juga hasil validasi oleh ahli media yang mendapatkan rerata skor 3,88 yang artinya sangat valid. Selain itu media pazzel juga diuji cobakan kepada 20 siswa kelas VI SDN Jagir 2 dan wali kelas VI dengan skor 3,56 yang berarti sangat layak. Hal ini berarti media pazzel berbasis discovery learning yang dikembangkan sesuai untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran matematika materi luas permukaan bangun ruang.

Kata Kunci:  pengembagan, luas permukaan bangun ruang, pazzel, discovery learning

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract View: 62
pdf Download: 50