Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Wringin Lawang terhadap Konsep Geometri Peserta Didik Kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto

  • Putri Suci Nurhidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Sudiman

Abstract

Pembelajaran Matematika dapat dihubungkan dengan hal-hal terkait penerapan-penerapan budaya di sekitar Peserta Didik melalui pendekatan Etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan makna histori yang terkandung dalam bangunan Candi Wringin Lawang; (2) Mendeskripsikan hasil eksplorasi pada Candi Wringin Lawang terhadap konsep geometri di kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto; (3) Perspektif Guru kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto terkait hasil eksplorasi pada Candi Wringin Lawang sebagai alternatif sumber belajar Matematika materi konsep geometri di kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian ini melibatkan dua informan yaitu Juru pelihara Candi Wringin Lawang dan Guru kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan data dokumetasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Candi Wringin Lawang merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan Kerajaan Majapahit yang sebenarnya bukan candi, melainkan sebuah gapura belah yang tidak beratap atau disebut jenis Candi Bentar; (2) Melalui eksplorasi Etnomatematika pada Candi Wringin Lawang ditemukan konsep geometri bangun datar untuk Peserta Didik kelas IV yaitu persegi, persegi panjang, jajargenjang, segitiga, trapesium, layang-layang, dan segi lima (pentagon); (3) Temuan konsep geometri bangun datar pada Candi Wringin Lawang dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif oleh Guru kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto. Dimana Guru kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto tidak hanya mengajak Peserta Didik kelas IV belajar mengenai nilai budaya dan sejarah candi tetapi juga belajar mengenai geometri bangun datar sesuai tuntutan Kompetensi Dasar (KD) Matematika kelas IV.

Kata Kunci: Etnomatematika, Candi Wringin Lawang, geometri.

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 633