PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • PUTRI AMALIA INDRAYATI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Hendratno .

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran audiovisual dalam bentuk video animasi berjudul Tetes Air Hujan oleh Indonesian Fairy Tales untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi pembelajaran tema 8, subtema 3, pembelajaran 1. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode 4-D (Four D) dengan beberapa tahapan yakni antara lain: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, tahap perencanaan, validasi produk, uji coba produk, dan penilaian produk. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual dalam bentuk video animasi berjudul Tetes Air Hujan mendapatkan skor 87,5%  kevalidan media, dan skor 96% kevalidan materi. Serta dalam uji coba nya peserta didik mengalami peningkatan keterampilan menulis secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran audiovisual dalam bentuk video animasi berjudul Tetes Air Hujan valid untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Model metode 4-D (Four D), pembelajaran daring daring, media audiovisual

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract View: 16
pdf Download: 13