EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KESENIAN REOG CEMANDI KABUPATEN SIDOARJO

  • Rizky Weka Dwi Prasasti Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Indonesia memiliki aneka ragam budaya, salah satunya adalah tari tradisional. Unsur-unsur tari yang terdiri dari gerak, kostum, properti, iringan musik, dan pola lantai dapat dikaitkan dengan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar yang berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan aktivitas Matematika sekolah dasar pada kelas awal yang diperoleh melalui eksplorasi budaya Kesenian Reog Cemandi serta mendeskripsikan padangan guru terhadap hasil eksplorasi. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) terdapat konsep Matematika SD kelas awal pada Kesenian Reog Cemandi yang meliputi bilangan, geometri, dan pengukuran, (2) terdapat aktivitas matematika SD kelas awal pada Kesenian Reog Cemandi yang meliputi aktivitas menghitung, mengukur, menentukan lokasi, merancang, menjekaskan, dan bermain, (3) konsep bilangan, geometri, dan pengukuran yang terdapat pada Kesenian Reog Cemandi dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar Matematika pada SD kelas awal yang berbasis etnomatematika.

Kata Kunci: Reog Cemandi, etnomatematika, bilangan, geometri dan pengukuran, aktivitas matematika

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract View: 22
pdf Download: 35