PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRUND (SCRAPBOOK BANGUN DATAR) UNTUK KELAS IV SD

  • Anis Afifah Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati

Abstract

Matematika seringkali diklaim menjadi salah satu mata pelajaran yang sulit, terlebih lagi pada materi geometri. Hal ini disebabkan kurang adanya media pembelajaran yang dimiliki pendidik maupun satuan pendidik. Dengan adanya masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pengembangan media pembelajaran Scrund (SrcapBook Bangun Datar). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Scrund dan mengukur tingkat kelayakan produk media Scrund. Berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan media ini dapat digunakan peserta didik kelas IV SD dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R & D) model Borg n Gall yang memiliki 10 tahapan namun oleh peneliti disederhanakan menjadi 7 tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk dan revisi produk akhir. Uji coba media dilakukan dengan 20 peserta didik kelas IV di SDN Krembangan Sidoarjo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat hasil kevalidan materi sebesar 93,75% dan validasi media sebesar 93,51,6%. Tingkat kepraktisan media diperoleh melalui hasil respon peserta didik terhadap media sebesar 96,81%. Sehingga dapat disimpulkan media Scrund (SrcapBook Bangun Datar) layak untuk digunakan.

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract View: 31
pdf Download: 17