Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Pembagian Pecahan Di Sekolah Dasar

  • Ari Puji Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Dalam pembelajaran konsep pembagian pecahan matematika kelas IV SDN JOHO 01 terdapat 10 dari 16 siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal pembagian pecahan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep dasar pembagian pecahan dengan penggunaan multimedia interaktif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN JOHO 01 dalam menyelesaikan soal-soal pembagian pecahan melalui penggunaan multimedia interaktif. Subjek dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV SDN JOHO 01 sebanyak 16 siswa.  Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan guru kelas yang dirancang dalam dua siklus dengan terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa mampu mengerjakan soal soal pembagian pecahan dengan benar dan memperoleh nilai ≥ 65. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pada siklus I hasil rata-rata presentase indikator pemahaman siswa terhadap konsep pembagian pecahan mencapai 60% dan mengalami peningkatan sebesar 79% pada siklus II;  (b) hasil belajar siswa yang sudah mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 50% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81,25%.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Konsep Pembagian Pecahan.

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract View: 27
pdf Download: 11