PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMART BIGBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

  • Ayu Anis Suciati Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bahan ajar Smart Bigbook dan kevalidanya dalam pengembangan bahan ajar Smart Bigbook berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran siswa SD kelas 4. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researchiand Development (R&D). Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model ADDIE (Analyz, Design, Development, Implemetation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas 4 UPT SD Negeri 260 Gresik. Teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar Smart Bigbook berbasis kearifan lokal yang menggunakan penelitian model ADDIE Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi) dapatidisimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar mempunyai kriteria yang baik dari segi kevalidan dan keefektifan. Bahan ajar Smart Bigbook berbasis kearifan lokal dikatakan valid, karena telah teruji kevalidan dari para ahli. Hasil persentase dari ahli bidang materi mendatkan hasil persentase 83% dengan kualifikasi valid, dan ahli bahan ajar mendapatkan hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat valid. Bahan ajar Smart Bigbook berbasis kearifan lokal dikatakan efektif, karena telah teruji dari respon guru yang mendapatkan hasil persentase 94% dengan kualifikasi sangat efektif, serta respon dari siswa mendapatkan hasil persentase 93,1% dengan kualifikasi sangat efektif. Sehingga bahan ajar Smart Bigbook berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar ini sangat efektif digunakan dalam hal pembelajaran.

Kata Kunci : Bahan ajar, Kearifan Lokal, Smart Bigbook

Published
2022-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 111