Pengaruh Penerapan Metode Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode picture and picture terhadap keterampilan menulis narasi. Jenis penelitian menggunakan penelitian pre-experimental design (one group pretest-posttest design). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambaksawah Waru, Sidoarjo. Instrument yang digunakan adalah lembar pre-test dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh siswa mengalami peningkatan nilai. Uji paired sample t-test dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS ver 26, selanjutnya menggunakan taraf signifikan 0,05 sebagai syarat pengambilan keputusan, hasilnya taraf signifikan hitung 0,000 < 0,05. Dengan demikian penerapan metode picture and picture berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi.
Kata Kunci: pengaruh, metode picture and picture, menulis narasi.
PDF Downloads: 160