Pengaruh Penerapan Metode Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Wahyu Pramono Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti, S.Pd., M.Pd.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode picture and picture terhadap keterampilan menulis narasi. Jenis penelitian menggunakan penelitian pre-experimental design (one group pretest-posttest design). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambaksawah Waru, Sidoarjo. Instrument yang digunakan adalah lembar pre-test dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh siswa mengalami peningkatan nilai. Uji paired sample t-test dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS ver 26, selanjutnya menggunakan taraf signifikan 0,05 sebagai syarat pengambilan keputusan, hasilnya taraf signifikan hitung  0,000 < 0,05. Dengan demikian penerapan metode picture and picture berpengaruh  terhadap keterampilan menulis narasi.

Kata Kunci: pengaruh, metode picture and picture, menulis narasi.

Published
2022-05-24
Section
Articles
Abstract View: 35
pdf Download: 18