PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL MAP BOOK PADA MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Balqista Ayusani Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan media Virtual Map Book untuk mendeskripsikan kevalidan dan keefektifan dari media Virtual Map Book pada materi Karakteristik Geografis Indonesia di kelas V SD. Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya pemahaman siswa di SDN Medokan Ayu II/615 Surabaya. Penerapan metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan penerapan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penggunaan sampel dalam penelitian sebanyak 12 siswa kelas V SDN Medokan Ayu II/615 Surabaya. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar angket dan tes. Perolehan hasil kevalidan media dengan persentase sebesar 86% dan perolehan hasil kevalidan materi persentase sebesar 88% dalam penggolongan sangat layak dipakai untuk pembelajaran dan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh sebesar 0,73 dengan tingkatan golongan tinggi. Diperoleh kesimpulan jika media Virtual Map Book sangat layak dan efektif dalam penggunaan kegiatan pembelajaran terutama terhadap materi Karakteristik Geografis Indonesia untuk siswa kelas V SD.

Kata Kunci: Virtual Map Book, Karakteristik Geografis Indonesia

Published
2022-05-24
Section
Articles
Abstract View: 29
pdf Download: 15