ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI BILANGAN MENGGUNAKAN TAKSONOMI SOLO

  • Sely Selvianti Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Sudiman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas III SDN Sadartengah, Mojoanyar, Mojokerto dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi bilangan menggunakan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO adalah alat yang sederhana dan mudah digunakan untuk menganalisis tingkat kemampuan atau kualitas respon siswa yang sebenarnya. Taksonomi SOLO terdiri dari lima tingkat yaitu : (1) Tingkat Pra-struktural; (2) Tingkat Uni-struktural; (3) Tingkat Multi-struktural; (4) Tingkat Relasional; dan (5) Tingkat Abstraksi yang diperluas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sadartengah, Mojoanyar, Mojokerto dengan subjek penelitian sebanyak 11 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara, observasi, dan hasil dokumentasi. Analisis data hasil tes tertulis dan wawancara meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan validasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 2 siswa dengan persentase 18,18% berada pada Tingkat Pra-struktural, 2 siswa dengan persentase 18,18% berada pada Tingkat Uni-struktural, dan 7 siswa dengan persentase 63,63% berada pada Tingkat Multi-struktural. Secara keseluruhan dapat diamati bahwa kemampuan siswa kelas III SDN Sadartengah, Mojoanyar, Mojokerto dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung bilangan berada pada Tingkat Multi-struktural, dimana siswa memahami pertanyaan dengan baik, memiliki beberapa informasi, dapat menentukan rumus, tetapi tidak dapat menyelesaikannya dengan tuntas.

Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Siswa, Taksonomi SOLO, Operasi Bilangan.

Published
2022-05-24
Section
Articles
Abstract View: 22
pdf Download: 12