Pelaksanaan Ice Breaker Manipulasi Angka dalam Meningkatkan Atensi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Yamastho Surabaya

  • Wardatul Mila Camelia Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ice breaker yang dilakukan guru saat diberlakukannya PTMT dalam rangka meningkatkan atensi belajar siswa dan (2) faktor yang menghambat pelaksanaan ice breaker serta (3) upaya dalam mengatasi hambatan tersebut dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan melibatkan 7 orang narasumber yang dipilih melalui purposive sampling dimana wawancara dilakukan pada walikelas VI sebagai pencipta ice breaker yang dimaksud dan enam siswa kelas VI SD Yamastho yang dipilih secara acak didukung dengan data dari pengamatan langsung di lapangan serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk pelaksanaan ice breaker manipulasi angka, hambatan dari factor guru, siswa, dan kondisi kelas yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pemberian ice breaker, dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu melalui perencanaan yang matang dan kemampuan publik speaking yang memadai. Dalam penelitian ini juga dijelaskan beberapa prestasi yang telah diraih narasumber setelah memberikan ice breaker ini kepada siswa yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan atensi belajar pada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran matematika yang menyenangkan di sekolah dasar.

Kata Kunci: PTMT, Ice breaker, Manipulasi Angka, Pembelajaran Matematika.

Published
2022-05-24
Section
Articles
Abstract View: 41
pdf Download: 64