PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MIND MAPPING PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK KELAS V SD

  • Rizki Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media interaktif dengan tampilan mind mapping sebagai inovasi media yang membantu guru untuk menyampaikan materi persatuan dan kesatuan di kelas V sekolah dasar. Media interaktif mind mapping dibuat menggunakan aplikasi articulate storyline. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang mencakup beberapa tahapan yaitu: analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan konteks, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan penilaian instrument penelitian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, mendesain dan melakukan evaluasi formatif, revisi. Validitas media interaktif mind mapping didapatkan melalui tahap validasi dari ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 77,5 % (valid). Sedangkan hasil dari validasi media mendapatkan persentase sebesar 88,3% ( sangat valid). Hasil dari respon siswa mendapatkan persentase sebesar 86,25%(baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif mind mapping valid dan layak digunakan dalam pembelajaran materi persatuan dan kesatuan di kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: Media interaktif,mind mapping, persatuan dan kesatuan

Published
2022-05-24
Section
Articles
Abstract View: 33
pdf Download: 22