VALIDITAS MEDIA PAKOTA (PAPAN KOSAKATA) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN HURUF ALFABET SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

  • ilma dwi haryani Universitas Negeri Surabaya
  • wahyu Sukartiningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil validitas dan efektifitas  media PAKOTA (Papan Kosakata) berbasis android untuk meningkatkan kemampuan menyusun huruf alfabet menjadi kata siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan karena adanya keterbatasan media pembelajaran untuk menyusun huruf alfabet pada saat pembelajaran daring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini terdapat 3 instrumen yang digunakan yakni : instrumen validitas media,  instrumen validitas materi dan instrumen angket respon siswa. Validasi ahli media terhadap media PAKOTA (Papan Kosakata) adalah 100% dengan katagori sangat valid,  validasi dari ahli materi adalah 93,75% juga dengan katagori sangat valid, dan hasil angket respon siswa memperoleh 98,46% yang menunjukkan bahwa media dapat memudahkan dan menambah semangat siswa dalam belajar menyusun huruf. Dari hasil yang telah dilakukan pada keseluruhan tahap penelitian dapat dikatakan bahwa media PAKOTA (Papan Kosakata) berbasis android sangat valid dan cocok digunakan dalam proses pembelajar pada materi menyusun huruf alfabet di kelas I sekolah dasar.

Kata Kunci: Validitas, menyusun huruf, media PAKOTA

Published
2022-05-25
Section
Articles
Abstract View: 24
pdf Download: 22