PENERAPAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II

  • Syadila Irvi Aprisha Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Siswa-siswi kelas II untuk pertama kali melakukan kegiatan tatap muka setelah melakukan kegiatan pembelajaran daring selama satu tahun lebih membuat adanya kekurangan interaksi sosial dan hasil rata-rata belajar dalam materi matematika yang menurun,sehingga perlu diadakannya upaya untuk meningkatkannya melalui penggunaan media teka-teki silang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap interaksi siswa dan hasil belajar setelah menggunakan media belajar TTS Matematika khususnya materi perkalian di kelas II SDN Kedurus III/430 Surabaya, sebanyak 26 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana menggunakan data dalam dua siklus,metode pengumpulan data berdasarkan observasi dan wawancara. Pada siklus I menghasilkan peserta didik yang mampu menuntaskan sesuai kriteria penelitian keberhasilan hasil belajar sebanyak 34,62% dan rata-rata interaksi sosial siswa di bawah kriteria. Dan pada siklus II menghasilkan sebanyak 92,30% peserta didik mampu menuntaskan berdasarkan kriteria keberhasilan dan rata-rata interaksi sosial yang meningkat, yang mana penelitian ini akan dikatakan berhasil apabila 75% peserta didik menunjukan peningkatan interaksi sosial dan mampu mendapatkan nilai hasil belajar lebih dari 60. Disimpulkan hasil penelitian penerapan media TTS matematika materi perkalian ini dapat meningkatkan interaksi sosial para peserta didik dan meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Teka-Teki Silang,Perkalian,Interaksi Sosial,Hasil Belajar .

Published
2022-06-08
Section
Articles
Abstract Views: 485
PDF Downloads: 607