Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Kosakata Baku Dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap pemahaman kosakata baku dalam teks eksplanasi peserta didik kelas V SDN Katerungan. Pada penelitian ini terlaksana di SDN Katerungan pada kelas V yang ditemukan suatu kendala dalam pembelajaran yaitu pemahaman kosakata baku yang disebabkan pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah. Penggunaan sampel terdiri dari kelas dua kelas yakni kelas eksperimen yang diimplementasikan di kelas VA serta kelas kontrol yang diterapkan di kelas VB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji uji independent t test. Analisis data untuk menentukan kebenaran hipotesis diterapkan bersama uji independent t test. Atas hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh hasil nilai thitung sejumlah 3,776 dan nilai ttabel sebesar 2,004, (3,776 > 2,004) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil pemahaman kosakata baku dalam teks eksplanasi siswa diantara model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan metode ceramah. Dalam hal ini, thitung terdapat pada penerimaan Ha serta penolakan Ho. Pada kelas eksperimen, rerata hasil nilai pre-test sejumlah 62,17 serta rerata hasil nilai pos-test sebanyak 71,83. Atas hasil itu, bisa dikesimpulkan bahwasannya model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap pemahaman kosakata baku dalam teks eksplanasi peserta didik kelas V SDN Katerungan.
Kata Kunci: Pengaruh, model CIRC, pemahaman kosakata baku, teks eksplanasi.