PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL UNTUK MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL KELAS V SD
Abstract
Pancasila sebagai landasan kehidupan bangsa Indonesia dalam jiwa generasi muda bangsa mulai luntur karena pengaruh pesatnya informasi global. Hal ini mampu mengancam kedudukan Pancasila oleh bangsa sendisri. Untuk mencegah hal itu terjadi maka pemerintah berupaya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam jiwa generasi yang masih muda mulai dari sekolah dasar. Pemerintah membuat mata pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadi mata pelajaran wajib. Pembelajaran PPKn di kelas memerlukan media yang familiar dengan generasi Alfa ini, yaitu dengan integrasi permainan tradisional dan teknologi. Sehingga dikembangkan sebuah media literasi Pancasila yang berbentuk komik digital. Media ini berupa komik yang disajikan dalam media elektronik dan menceritakan tentang permainan tradisional ini mengandung nilai-nilai pancasila. Metode penelitian dan pengembangan media komik digital ini dengan Model ADDIE. Tahap analysis (analisis) dengan melakukan studi pustaka untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Tahap design (perancangan) dengan menyusun informasi yang telah didapat media yang sesuai adalah media berbentuk komik digital. Tahap development (pengembangan) yaitu membuat storyboard dan mengembangkan menjadi cerita yang utuh. Untuk menentukan kelayakan media dalam pembelajaran maka menguji kevalidan media terlebih dahulu. Media komik digital ini mendapatkan nilai kevalidan 85,5% sehingga layak sebagai media pembelajaran. Tahap selanjutnya, implementation (implementasi). Pada tahap ini media komik digital diapilkasikan dalam pembelajaran siswa di kelas. Dari respon siswa dan angket yang diisi, media komik digital praktis digunakan dengan persentase 80,21%. Tahap yang terakhir yaitu evaluation (evaluasi), dari masukan-masukan yang diberikan selama uji coba media maka media komik digital dilakukan revisi agar menjadi lebih baik. Media komik digital yang sudah baik ini siap untuk dipergunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pancasila, permainan tradisional, komik digital.