Pengaruh Media Kartu Kata (KARKA) Tehadap Keterampilan Menulis Puisi Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • aidah ayu apriliany Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno .

Abstract

Abstrak

Keterampilan menulis puisi seorang siswa dapat dibantu dengan beberapa metode. Media pembelajaran yang digunakan adalah dengan menggunakan kartu kata atau (KarKa). Kartu kata adalah kartu yang berisi satu kata atau beberapa kata dan bisa juga bergambar. KarKa digunakan untuk membantu seseorang dalam mengingat, menulis dan juga memahami sesuatu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari pemanfaatan media kartu kata (KarKa) terhadap keterampilan menulis puisi siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik quasi experimental design atau eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SDN Putat Jaya IV Surabaya dengan subjek penelitian peserta didik kelas II. Peserta didik nantinya dibagi menjadi dua kelompok dan setiap anggota kelompok akan diberi kartu kata. Kartu kata tersebut nantinya akan dijadikan sebagai kata kunci untuk memudahkan pembuatan kerangka puisi. Setiap peserta didik juga harus berupaya untuk dapat menulis puisi berantai dengan kelompok berdasarkan kartu yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan kartu kata terhadap keterampilan menulis  puisi siswa. Pernyataan tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai sig-2 tailed pada hasil penelitian dengan skor 0,006 yang berindikasi diterimanya Ha. pemakaian media pembelajaran KarKa juga dinilai cukup efektif digunakan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,617.

Kata Kunci: Kartu kata, Keterampilan Menulis, Puisi

Abstract

A student's poetry writing skills can be helped by several methods. The learning media used is by using word cards or (KarKa). Word cards are cards that contain one word or several words and can also be illustrated. KarKa is used to help someone remember, write and understand something. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of using word card media (KarKa) on the poetry writing skills of elementary school students in learning Indonesian. This type of research is experimental research using a quantitative approach through a quasi-experimental design technique or quasi-experimental. The research was carried out at SDN Putat Jaya IV Surabaya with the research subjects of class II students. Students will be divided into two groups and each group member will be given a word card. The word cards will later be used as keywords to facilitate the creation of a poetry outline. Each student must also try to be able to write a series of poems with groups based on the cards they get. The results showed that there was an effect of using word cards on students' poetry writing skills. This statement can be seen based on the sig-2 tailed value in the research results with a score of 0.006 which indicates the acceptance of Ha. The use of KarKa learning media is also considered quite effective with the acquisition of an N-Gain value of 0.617.

Keywords: Word cards, Writing Skills, Poetry.

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 356
PDF Downloads: 302