Pengembangan Media Kanoraya dalam Pembelajaran Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SDN Karangtengah 4 Ngawi

  • Nadira Elsa Gusnia Universitas Negeri Surabaya
  • Drs. Supriyono M.M

Abstract

Abstrak

Media kanoraya merupakan sebuah media pembelajaran berupa kartu permainan yang di dalamnya memuat berbagai macam keberagaman budaya di Indonesia. Dengan menggunakan media kanoraya diharapkan kegiatan pembelajaran mengenai materi keberagaman budaya Indonesia bisa terlaksana lebih menyenangkan da lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yaitu kanoraya. Selain itu tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah media kanoraya ini valid dan efektif jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada uji validasi media Kanoraya mendapatkan presentase skor sebesar 85,88% dan uji validasi materi pada media Kanoraya mendapatkan presentase skor sebesar 94,28%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat dikatan bahwa media Kanoraya masuk ke dalam kategori sangat layak untuk diimplementasikan. Kemudian berdasarkan rata – rata nilai siswa dalam mengerjakan soal pre test dan post test terlihat adanya kenaikan rata – rata nilai yaitu dari 62,75 menjadi 67,87. Selain itu jumlah siswa yang nilainya dapat menjangkau KKM juga menigkat, yaitu dari 12 menjadi 21. Kemudian berdasarkan penghitungan presentase keefektifan, media Kaoraya mendapatkan skor 63,63%. Berdasarkan hasil tersebut setelah dicocokkan dengan tabel keefektifan media, maka media Kanoraya dapat dikatakan efektif. 

Kata Kunci: Media, Kanoraya, Pembelajaran.

 

Abstract

Kanoraya is a learning media in the form of playing card in which there are various kinds of cultural diversity in Indonesia. By using Kanoraya it is hoped that learning ativities ca be more interesting and effective. The purpose of this resarch is to produce a learning media product, named Kanoraya. Besides that, the purpose f this research is to find out wether Kanoraya is valid and effective if used in learning ativities. The Kanoraya media validation test got a score percentage of 85,88% and the material validation test on Kanoraya media got a score percentage of 94,28%. So based on the results it can be said that Kanoraya media is in the category of very feasible to be implemented. Then based on the average sscore of students in working on the pre test and post test questions, it ca be seen that there is an increase in the average score from 62,75 to 67,87. In addition, the number of students whose scores can reach KKM has also increased, from twelve to twenty one. Then based results of calculating the percentage of effectiveness of media Kanoraya, the results were 63,63%. Based on the effectiveness table shows that Kaoraya media is effevtive.

Keywords: Media, Kanoraya, Learning.

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 318
PDF Downloads: 157