Pengaruh Media Gambar Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • dinda ayu sukma melati universitas negeri surabaya
  • hendratno hendratno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar animasi dalam keterampilan menulis
puisi terhadap siswa kelas IV SDN Bendul Merisi 408 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekaan
kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode yang digunakan dalam rancangan penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan tipe Non Randomize Control Group Pretest and Posttest Design. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan dua kelas yakni kelas kontrol yang diterapkan pada
kelas IVA dan kelas eksperimen yang diterapkan pada kelas IVB. Teknik pengambilan data pada
penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data dilalukan dengan menggunakan
uji independent t test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil nilai Thitung sebesar
2,190 dengan nilai Ttabel sebesar 1,734, (2,190 > 1,734) artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil
keterampilan menulis puisi antara kelas yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media gambar
animasi dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensioanal. Dalam hal ini nilai Thitung berada
pada peneriaman Ha dan penolakan Ho. Pada kelas eksperimen, rata-rata nilai pretest sebesar 61,1 dan
rata-rata nilai posttest sebesar 85,7. Pada hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media gambar
animasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengaruh, Media Gambar Animasi, Keterampilan Menulis PuisiĀ 

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 281