PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SCRABBLE BERBARCODE” PADA MATERI BENTUK KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rif'atul Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Pandu Paksi

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran sebagai sarana untuk menyampaikan informasi atau sumber materi
pembelajaran bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran secara
maksimal. Dari latar belakang tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa permaianan
edukatif yang bernama Scrabble Berbarcode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses
pengembangan dan mendeskripsikan kelayakan serta kepraktisan media Scrabble Berbarcode pada materi
bentuk keberagaman budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode model ADDIE
yang terdiri atas lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri
Sambikerep II Surabaya. Uji validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Berikut hasil dari ahli
materi untuk uji kevalidan memperoleh skor validitas 86% dan ahli media memperoleh skor validitas 75,5%.
Sedangkan untuk kepraktisan media menunjukkan skor respon siswa adalah 94,19%. Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa media Scrabble Berbarcode layak dan praktis digunakan dalam kegiatan
proses pembelajaran di Sekolah Dasar.


Kata Kunci: Scrabble, Berbarcode, Keberagaman Budaya Indonesia

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 322