PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA INFORMASI SUKU BUDAYA INDONESIA (PETINSUBA) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS V SD

  • Shafira Ega Alya Namira Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada menuntut berbagai aspek untuk ikut berkembang. Bentuk dari teknologi yang ada saat ini adalah android dan gadget. Oleh karenanya, media pembelajaran juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Peneliti menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat media interaktif materi keragaman budaya berbasis android. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran Peta Informasi Suku dan Budaya Indonesia (PETINSUBA) berbasis android yang telah diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya untuk memudahkan siswa memahami suku dan budaya yang ada di tiap provinsi pada siswa kelas V SDN Tanah Kalikedinding II. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yaitu dengan tahapan analisis, desain, development (pengembangan), implementasi dan evaluasi. Proses uji coba produk dilakukan oleh 20 siswa kelas V SDN Tanah Kalikedinding II. Hasil kevalidan menunjukkan bahwa media “PETINSUBA” mendapatkan 92,7% dengan kriteria valid atau layak untuk uji validasi materi yang telah dilakukan oleh ahli materi dan 87,5% dengan kriteria valid atau layak untuk uji validasi media yang dinilai oleh ahli media. Tingkat kepraktisan diambil dari angket respon siswa dengan hasil 100% yang termasuk kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk mengukur tingkat keefektifan dilakukan dengan pretest dan posttest. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, media “PETINSUBA” mempeoleh nilai 100% yang termasuk sangat efektif dengan N-Gain 0,81 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi keragaman budaya setelah menggunakan media “PETINSUBA”. Hal ini menunjukkan bahwa media “PETINSUBA” untuk memudahkan siswa memahami suku dan budaya yang ada di tiap provinsi layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Media “PETINSUBA”, android, suku dan budaya.

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 350