EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BENTUK BANGUNAN MASJID AL-AKBAR SURABAYA PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Arsitektur masjid dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika khususnya di sekolah dasar yang berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi Masjid Al-Akbar Surabaya pada materi geometri di sekolah dasar. Serta membantu siswa untuk dapat memahami materi geometri dengan proses yang lebih mudah karena bisa mengamati dan melihat bangunan yang dimaksud secara langsung. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data hasil observasi, dokumentasi, kajian studi literature dan juga wawancara dengan salah satu pengurus masjid. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa : (1) Terdapat konsep geometri dalam Masjid Al-Akbar Surabaya yang terdiri dari bangun datar persegi, persegi panjang, lingkaran, belah ketupat dan terdapat beberapa bangun ruang seperti limas, tabung, kerucut, kubus, balok dan juga bola. (2) Konsep geometri yang terdapat dalam masjid dapat dijadikan alternatif sumber belajar matematika khususnya materi geometri berbasis etnomatematika. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah siswa semakin mudah memahami pembelajaran karena menggunakan media konkret sekaligus bersemangat mempelajari keragaman budaya yang ada di indonesia sehingga pembelajaran lebih bermakna.
Kata Kunci : Masjid Al-Akbar Surabaya, Etnomatematika, Geometri, Pembelajaran Matematika.