Array
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa e-modul rambusi dengan berorientasi budaya lokal sebagai bahan ajar untuk membantu guru dan siswa dalam mempelajari budaya lokal Sidoarjo. E-modul rambusi dibuat menggunakan Flip Pdf Professional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan model tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sruni II Gedangan, Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Produk dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji validasi materi diperoleh persentase sebesar 90,4% dengan kategori valid tanpa revisi sehingga layak digunakan. Uji validasi media diperoleh persentase sebesar 85,7% termasuk kategori valid tanpa revisi sehingga layak digunakan. Kemudian produk dilakukan uji coba kepada siswa kelas IV SDN Sruni 2 yang berjumlah 10 siswa. Berdasarkan ujicoba lapangan hasil kuisioner siswa diperoleh persentase sebesar 91,6% termasuk kategori layak untuk digunakan. Dengan hal ini dapat disimpulkah bahwa e-modul rambusi telah sesuai dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, e-modul, budaya lokal, IPS