Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Sway untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Fika Beti Rahmah UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Penelitian pengembangan media berbasis Sway ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan kevalidan dari media pembelajaran berbasis Sway pada materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di kelas V sekolah dasar khususnya pada materi penjajahan Belanda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (analysis, design, develop, implement, evaluation) yang terdiri atas 5 tahapan. Subjek uji coba pada penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Bendul Merisi 408 Surabaya, uji coba skala kecil dilakukan kepada 5 peserta didik, sedangkan uji coba skala besar dilakukan kepada 25 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif, untuk data kuantitatif menggunakan instrumen dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta lembar angket pengguna Teknik analisis data menggunakan jenis deskriptif kuantitatif, untuk mengelola data hasil isian instrumen oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Kevalidan   dari penggunaan aplikasi Sway diketahui dari hasil validasi ahli materi yang mendapatkan 6% dan validasi ahli media yang mendapatkan persentase 88,2%. Respon pengguna terhadap kepraktisan diketahui dari hasil respon peserta didik pada uji coba perorangan sebesar 83,75%,  dan uji coba kelompok mendapatkan persentase sebesar 83,8%, serta hasil respon guru sebesar 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa aplikasi Sway sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Pengembangan, Sway, Sejarah

Published
2022-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 223
PDF Downloads: 613