PENGEMBANGAN MEDIA GAME LARTAPOLI BERBASIS ANDROID BARCODE UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI MATERI NILAI PERSATUAN DAN KESATUAN

  • Fatima Asyha Az Zarah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang didalamnya termuat materi persatuan dan kesatuan adalah PPKn. Proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PPKn di sekolah dasar khususnya di SD N kedung Banteng II tidak jarang dilaksanakan secara pasif dan hanya berpusat pada guru, sehingga berdampak pada hasil belajar PPKn yang rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui terkait rancangan, kelayakan dan hasil uji coba pengembangan media Lartapoli. Model penelitian yang diterapkan dalam penelitian kali ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sedangkan, terkait proses pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya wawancara, observasi, dan kuesioner. Rancangan uji coba produk media Lartapoli dilaksanakan oleh ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media pembelajaran serta siswa sebagai sasaran objek uji coba penelitian. Bentuk analisa data yang diterapkan oleh peneliti berupa analisa data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan persentase kelayakan media pembelajaran Lartapoli dari ahli materi sebesar 88,6 % dan dari ahli kelayakan media sebesar 86,8 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Lartapoli pada muatan PPKn siswa SD layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Lartapoli, Pembelajaran PPkn

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 190
PDF Downloads: 235