Array
Abstract
Masih banyak ditemui di sekolah dasar pembelajaran matematika yang tergolong monoton dan membosankan bagi siswa. Oleh sebab itu pembelajaran matematika akan tercapai secara maksimal jika guru mengadopsi aktivitas STEAM berbasis Project Based Learning yang diambil dari kegiatan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar siswa dengan melihat 5 perkembangan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan aktivitas STEAM berbasis Project Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Sambikerep II/480 Surabaya kelas 4A yang terdiri dari 9 siswa dan 4B yang terdiri dari 11 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) dengan menggunakan 4 tahapan yaitu, identifikasi masalah, perancangan, siklus berulang, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa melalui desain pembelajaran STEAM-PjBL yang menggunakan 3 kegiatan, yaitu; kegiatan memahami hubungan antara permainan bola basket dengan proyek yang akan dibuat, kegiatan membuat proyek, dan kegiatan refleksi dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Berdasarkan kegiatan-kegiatan dalam desain pembelajaran tersebut, 5 kemampuan kognitif siswa berupa; pengetahuan (knowledge) dan pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (syntesis), serta evaluasi (evaluation) juga mengalami peningkatan, dan aktivitas pembelajaran STEAM-PjBL dapat dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Kata Kunci: Aktivitas STEAM, Project Based Learning, Pembelajaran Matematika.